Rabu, 24 Maret 2010

Beberapa Rahasia Shadaqoh

bismillahirrahmannirrahim.
..

Sodaqah memang sudah sering kita lakukan namun , apakah antum tau apa apa saja manfaat shoaqoh itu ?

Marilah kita simak beberapa hadist dan ayat Al-Qur'an berikut :


Alloh berfirman dalam Al-Baqoroh [2] : 271-272

yang artinya “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”.


dan


Diriwayatkan dari Hudzaifah, ia berkata, “kami bertanya bersama ‘Umar r.a. kemudian ia bertanya,’Adakah di antara kalian yang hafal hadist Rosululloh tentang fitnah sebagaimana yang telah beliau sampaikan?’ Aku menjawab, ‘Saya.’ ‘Umar r.a. berkata, ‘Sesungguhnya engkau adalah seorang pemberani. Bagaimanakah bunyi sabda beliu? Maka aku berkata,’Aku mendengar Rosululloh bersabda;

“Fitnah yang menimpa seseorang pada keluarga, harta, jiwa, anak, dan tetangganya bisa dihapus dengan shiyam (puasa), shodaqoh, dan amal makruf nahi mungkar”.


Subhanallah , luar biasa bukan shodaqoh ini , shodaqoh bukan hanya untuk menghapuskan kesalahan
kesalah kita semata namun juga bisa menghapuskan fitnah yang menimpa pada diriseseorang pada keluarga, harta, jiwa, anak, dan tetangganya.

dan mari kita simak hadist berikutnya :


Diriwayatkan dari Abu Umamah r.a, ia berkata, “Rosululloh SAW bersabda:

“ Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau mendermakan kelebihan hartamu, maka itu lebih baik bagimu. Namun jika engkau menahannya, maka itu sangat buruk bagimu. Dan janganlah engkau mencela orang yang meminta-minta. Mulailah pemberian dari yang berada di bawah tanggunganmu. Karena tangan yang diatas itu lebih baik daripada tangan yang dibawah.”

Rasulullah memerintahkan sendiri ada kita , karena sebagaimana firman Alloh :

”Sesungguhnya dalam hartamu ada hak bagi sail dan mahrum”. Sail adalah orang miskin yang meminta minta, sedangkan mahrum adalah orang miskin yang menjaga kehormatannya dengan tidak meminta minta.

Jadi memang bershodaqoh adalah kewajiban bagi kita , dan itu ada sesuatu yang harus bagi kita kita yang berkecukupan.

dan Allah juga berfirman dalam Al-Qur'an pada surat Al-Baqarah ayat 261 :

"Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan 7 tangkai , pada setiap tangkai ada 100 biji. Allah melipat gandakan bagi siapapun yang Dia kehendaki , dan Allah Mahaluas , Maha mengetahui"

dan

hadist nabi yang diriwayatkan oleh Abu Huroiroh, ia berkata bahwa Nabi Muhammad SAW, bersabda :

“ Tiada hari yang dilewati oleh semua hamba kecuali pada pagi harinya ada dua malaikan turun. Kemudian salah satu dari malaikan tersebut berkata, ‘ Ya Alloh, berilah ganti kepada orang yang berinfak.’ Sedangkan malaikat yang satunya lagi berucap, ‘ Ya Allah hilangkanlah harta orang yang tidak mau bersodaqoh ( bakhil ) ”.


Setra Menurut Imam Ibnul Qoyyim rohmatullah, sesungguhnya shodaqoh memberikan pengaruh yang sangat luar biasa untuk menolak berbagai bencana seklipun pelakunya orang kafir /pendosa, dholim, atau bahkan orang kafir. Allah akan menghilangkan berbagai macam bencana dengan perantaraan shodaqoh itu.

Ada dua macam hukum- shodaqoh,

1. Yang disodaqohkan harta yang baik dengan diperolehnya dengan cara yang baik.
2. Orang yang bersodaqoh hendaknya orang yang kaya, orang miskin tidak layak..


Jadi itulah beberapa rahasia dari shodaqoh. Sekarang apalagi yang memberatkan kita untuk beshadaqah? Karena sesungguhnya shodaqoh tak akan membuat kita miskin dan bahkan Allah akan mengembalikannya lagi berlipat ganda....

akhir kata , assalamua'laikum warahmatullahi wabarakatuh...

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda